Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

Manchester United telah mendapatkan pelatih baru setelah pemecatan Jose Mourinho pada tanggal 12 Desember 2018.

Bagi The united, Mancs, The red Army dan United Indonesia tentu tidak asing dengan nama pelatih baru klub sepakbola andalan mereka ini yaitu Ole Gunnar Solskjaer.

Profil & Biodata

Profil dan Perjalanan Karir Ole Gunnar Solskjaer Hingga Melatih Manchester United

Solskjaer yang memiliki nama lengkap Ole Gunnar Solskjaer ini lahir di Kristiansund, Norwegia pada tanggal 26 Februari 1973. Memiliki Istrinya bernama Silje dan telah memiliki tiga anak, Nuh, Karna, dan Elia.

Pada tahun 2008, Pria kebangsaan Norwegia ini dianugerahi the First Class Knighthood of the Royal Norwegian Order of St. Olav oleh King Harald V dari Norwegia.

Ia dihadiahi penghargaan dalam sebuah upacara pada tanggal 25 Oktober 2008 di kota asalnya, Kristiansund. Solskjaer adalah penerima ksatria termuda yang pernah ada, biasanya diberikan kepada anggota masyarakat terkemuka.

Pada tahun 2009, parlemen Norwegia menganugerahkan Solskjaer penghargaan Peer Gynt karena pekerjaannya sebagai duta besar olahraga.

Awalnya, MU tidak berencana mempermanenkan Solskjaer. Pasalnya, manajemen klub mengincar manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino untuk dijadikan manajer penuh di musim depan. Apalagi, Solskjaer tidak memiliki reputasi yang meyakinkan di Liga Inggris.

Akan tetapi, Solskjaer sukses mematahkan anggapan itu dengan membawa the Red Devils meraih 14 kemenangan dari 19 pertandingan di seluruh kompetisi. Hasilnya MU kembali dalam persaingan finis empat besar Liga Inggris, bahkan berhasil lolos ke perempatfinal Liga Champions usai menyingkirkan tim yang lebih favorit, Paris St. Germain, lewat comeback sensasional.

Misi pembuktian diri Solskjaer terus berlanjut. Pada akhir pekan ini, Solskjaer akan melakoni debutnya sebagai manajer permanen MU dalam laga kandang melawan Watford, Sabtu (30/2) malam WIB.

Solskjaer mengaku mendapatkan pengalaman luar biasa selama tiga bulan menangani United. Ia mendapat dukungan penuh dari manajemen, jajaran pelatih, serta para pemain. “Ini adalah pekerjaan yang selalu saya impikan,” akunya.

Walaupun hanya dikontrak tiga tahun, pelatih asal Norwegia ini berharap bisa awet di Old Trafford. Solskjaer bermimpi bisa memimpin Manchester United dalam waktu yang lama, seperti yang dilakukan mentornya, Sir Alex Ferguson.

“Mudah-mudahan (saya) memberikan kesuksesan yang berkelanjutan, yang layak diterima oleh penggemar kami,” harapnya.

Wakil Komite Eksekutif United, Ed Woodward mengapresiasi dampak yang dihadirkan Solskjaer sejak ditunjuk untuk menggantikan Jose Mourinho. Solskjaer dinilai memberikan dampak besar terhadap pulihnya performa asli United.

“Ole membawa banyak pengalaman, baik sebagai pemain dan sebagai pelatih. Ditambah dengan keinginan untuk memberi kesempatan kepada pemain muda, dan pemahaman yang mendalam tentang budaya klub,” papar Woodward.

“Ini semua berarti bahwa dia adalah orang yang tepat untuk membawa Manchester United maju. Para penggemar dan semua orang di klub ada di belakangnya saat ia ingin membawa kami ke tempat yang kami butuhkan dan membangun tahap selanjutnya dalam sejarah kami,” tutupnya.

Solskjaer memiliki masa kerja hingga akhir musim di Old Trafford. Dalam tugasnya nanti manajer 45 tahun itu ingin menerapkan permainan menyerang seperti yang kerap diperagakan Ferguson.

Bagi Solskjaer Ferguson adalah mentornya dalam karier kepelatihan. Karena itu ia lebih dulu ‘izin’ dengan pria asal Skotlandia tersebut sebelum menerima tawaran dari manajemen Setan Merah.

“Tidak peduli tim apa yang Anda latih, mereka semua ingin memiliki gambaran tentang bagaimana Anda ingin bermain, mereka semua pemain berkualitas, jadi akan lebih mudah untuk membuat pemain mengekspresikan diri,” ujar Solksjaer dikutip dari Mirror.

“Anda bermain dengan keberanian, pergilah ke sana dan ekspresikan kemampuanmu. Sir Alex mengatakan ‘pergilah dan ekspresikan diri Anda serta ambil risiko,” Solskjaer menambahkan.

Solskjaer menyebut Alex Ferguson memberikan pengaruh besar dalam karier kepelatihannya.Solskjaer menyebut Alex Ferguson memberikan pengaruh besar dalam karier kepelatihannya. (AFP/IMAGE ELECTRONIQUE)

Bagi Solskjaer Alex Ferguson hampir menutup kariernya sebagai manajer dengan sempurna setelah di laga terakhirnya bermain imbang 5-5 dengan West Bromwich Albion.

“Sir Alex memengaruhi saya. Cara dia menangani orang-orang, mengatur klub, bagaimana menjaga 25 pemain senang dan lapar untuk terus memperbaiki diri, termasuk juga staf di sekitarnya,” tutur Solskjaer.

Solskjaer akan melakoni debutnya sebagai manajer Man United saat menghadapi Cardiff City di Stadion Cardiff City pada Sabtu (22/12) malam atau Minggu dini hari WIB.

Manajer yang semasa bermain memiliki julukan The Baby Face itu berharap skuat Man United bisa tampil lepas dan senang seperti anak kecil yang sangat ingin bermain bola saat pertandingan nanti. (sry/jun)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s